Pendahuluan
A. Latar Belakang
Dizaman modernisasi seperti sekarang ini teknologi komunikasi semakin hari semakin berkembang, masyarakat dunia diperkenalkan dengan berbagai situs jejaring social seperti freindster,yahoo messanger, facebook, Tweetter dan sebagainya,yang membuat orang dapat lebih mudah berkomunikasi dengan teman-teman lainnya yang berbeda suku,ras, dan agama yang berada diberbagai belahan dunia, sehingga tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Jejaring sosial merupakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Meskipun banyak situs jejaring social, masyarakat lebih popular menggunakan situs jejaring social facebook untuk berkomunikasi , karena mempunyai banyak varian fitur, diantaranya membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya dan dapat menguplod foto-foto pribadi hasil jepretan dari kamera. Yang paling utama situs ini dapat diakses secara mobile maupun web, hampir semua jenis handphone yang diproduksi saat ini didukung oleh fasilitas sosial media, terutama facebook.
Beberapa fitur inilah yang menarik perhatian beberapa golongan untuk memanfaatkan facebook lebih dari sekedar media pertemanan. Bahkan belakangan ini facebook juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media,Seperti yang dilakukan dalam perkuliahan KSHP (Kapita Selekta Hasil Penelitian) di Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ pada semester 096 yang memenfaatkan facebook sebagai sarana media pembelajaran.Pemanfaatan facebook sendiri pada matakuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian ialah sebagai sarana diskusi online antara dosen dan mahasiswa. Dalam penggunaannya mahasiswa sudah banyak terlihat aktif berdiskusi, tetapi sebagian lagi masih terlihat bengong atau kurang aktif berdiskusi.
Dari masalah mahasiswa yang kurang aktif berdiskusi tersebut sangat penting untuk diteliti. Mengapa penggunaan facebook kurang dimanfaatkan secara optimal oleh sebagian mahasiswa? Lalu apa penyebab mahasiswa tersebut terlihat bengong dan kurang aktif berdiskusi?
B. Metode Penelitian
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan objek penelitian yaitu mahasiswa Non Reguler jurusan Teknologi Pendidikan yang mengikuti mata kuiah Kapita Selekta Hasil Penelitian.
C. Hasil
TABEL AKTIVITAS
No | Persentase yang Menjawab dan yang Bengong | |
1. | Mahasiswa yang menjawab | 34 |
2. | Mahasiswa yang bengong | 6 |
Jumlah | 40 |
Tabel pesentase perbandingan mahasiswa Teknologi Pendidikan yang menjawab penggunaan facebook sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran
No | Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden | |
1. | Metode yang baik dan menyenangkan32 | 11 |
2. | Menantang 5 | 2 |
3. | Bermanfaat baik bagi mahasiswa 30 | 10 |
4. | Membantu mahasiswa dalam belajar 17 | 6 |
5. | Managemen pengetahuan 15 | 5 |
Jumlah | 34 |
D. Pembahasan
Dari hasil survey yang didapat dari tabel presentase yang menjawab(berdiskusi) dan yang tidak menjawab (bengong) terhadap 40 0rang mahasiswa jurusan teknologi pendidikan yang mengikuti jejaring sosial facebook mata kuliah kapita selekta hasil penelitian sebagai media pembelajaran didapat 34 orang yang menjawab bahwa facebook sebagai sarana media pembelajaran sangat bermanfaat dan membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru tentang mata kuliah kapita selekta hasil penelitian dan 6 orang mahasiswa bengong dan tidak menjawab sama sekali. Sedangkan dari tabel Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden.
Data survey tersebuk menunjukkan bahwa penggunaan facebook sebagai sarana media pembelajaran mata kuliah kapita selekta hasil penelitian 34 responden yang memberikan komentar terhadapa facebook sebagai media pembelajaran diketahui 11 responden menjawab media pembelajaran melalui facebook sangat baik dan menyenangkan, 2 responden menjawab menantang, 10 responden menjawab bermanfaat bagi mahasiswa, 6 responden menjawab membantu mahasiswa dalam belajar, dan 5 responden menjaawab Menambah pengetahuan.
E. kesimpulan
Berdasarkan data survey diatas penggunaan facebook sebagai sarana media pembelajaran mata kuliah kapita selekta hasil penelitian disambut sangat baik oleh para mahasiswanya.mahasiswa sangat antusias diadakannya forum diskusi yang terdapat ddidalam group KSHP tersebut serta mendapatkan feedback dari dosennya apabila ada mahasiswa yang berkomentar didalam group tersebut. Dengan adanya group KSHP ini mahasiswa selain kuliah bertatap muka langsung tapi mahasiwa juga dapat belajar lebih lagi tentang mata kuliah KSHP ini yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat menambah pengetahuan baru tentang mata kuliah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar